KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah : ………………………….
Mata Pelajaran : Fisika Alokasi Waktu : ………………….
Kelas / Semester : XII / 1 Jumlah Soal : ………………….
Kurikulum Acuan : KTSP Penulis : ………………….
No Urut | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No Soal |
1. | Mendeskripsikan Gejala dan cirri-ciri gelombang secara umum | Gelombang Berjalan Getaran harmonik Gelombang | Siswa dapat menentukan panjang gelombang, Amplitudo, frekuensi dan cepat rambat gelombang Siswa dapat menghitung frekuensi dan konstanta pegas Siswa mampu menggambar beberapa gelombang yang terbentuk dari suatu kejadian dan siswa dapat menghitung panjang gelombang dan cepat rambat gelombang | Essay berstruktur |
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran : Fisika Alokasi Waktu :
Kelas/Semester : XII/1 Jumlah Soal : 2
Kurikulum acuan : KTSP Penulis :
No. Urut | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No. Soal |
1 2 | 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. | 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. | Gaya Elektrostatik Gaya Elektrostatik | Diketahui jenis muatan salah satu dari 4 buah muatan serta gaya tarik atau tolak antara muatan-muatan tersebut, siswa dapat menentukan jenis muatan yang lain. Diketahui besar 2 muatan yang terpisah pada jarak tertentu, siswa dapat menghitung besar gaya kedua muatan tersebut. | Uraian Objektif Uraian Objektif | 1 2 |
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran : Fisika Alokasi Waktu :
Kelas/Semester : XII/1 Jumlah Soal : 2
Kurikulum acuan : KTSP Penulis :
No. Urut | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No. Soal |
3 4 | 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. | 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. | Medan Listrik Medan Listrik | Diketahui jarak suatu titik terhadap sebuah muatan positif dan besar muatan tersebut, siswa dapat menentukan besar kuat medan listrik pada titik tersebut. Diketahui jenis dua muatan titik yang terpisah pada jarak tertentu, siswa dapat menentukan perbandingan kedua muatan tersebut agar kuat medan listrik pada jarak tertentu sama dengan nol. | Uraian Objektif Uraian Objektif | 3 4 |
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran : Fisika Alokasi Waktu :
Kelas/Semester : XII/1 Jumlah Soal : 2
Kurikulum acuan : KTSP Penulis :
No. Urut | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No. Soal |
5 6 | 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. | 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. | Medan listrik dan hukum Gauss Medan listrik dan hukum Gauss | Diketahui jari-jari kulit bola, rapat muatan persatuan luas, siswa dapat menentukan muatan total pada kulit bola tersebut. Disajikan panjang dan lebar bidang persegi panjang serta kuat medan listrik dan arah, siswa dapat menentukan jumlah garis medan listrik yang menembus bidang persegi panjang tersebut. | Uraian Objektif Uraian Objektif | 5 6 |
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran : Fisika Alokasi Waktu :
Kelas/Semester : XII/1 Jumlah Soal : 2
Kurikulum acuan : KTSP Penulis :
No. Urut | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No. Soal |
7 8 | 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. | 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. | Potensial dan Energi potensial Listrik Potensial dan energi potensial listrik | Diketahui besar muatan pada bola kecil, siswa dapat menghitung: a) potensial pada titik 1 yang berjarak tertentu dari muatan dan potensial pada titik 2 yang berjarak tertentu dari muatan tersebut. Disajikan besar kapasitas kapasitor dan beda potensial baterai, siswa dapat menentukan besar muatan yang tersimpan pada kapasitor. | Uraian Objektif Uraian Objektif | 7 8 |
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran : Fisika Alokasi Waktu :
Kelas/Semester : XII/1 Jumlah Soal : 2
Kurikulum acuan : KTSP Penulis :
No. Urut | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No. Soal |
9 10 | 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. | 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. | Kapasitor keping sejajar Kapasitor keping sejajar | Siswa dapat menentukan 3 manfaat kapasitor. Diketahui kapasitas sebuah kapasitor dan beda potensial kapasitor, siswa dapat menentukan besar muatan yang tersimpan dalam kapasitor. | Uraian Objektif Uraian Objektif | 9 10 |
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran : Fisika Alokasi Waktu :
Kelas/Semester : XII/1 Jumlah Soal : 2
Kurikulum acuan : KTSP Penulis :
No. Urut | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No. Soal |
11 12 | 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. | 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. | Kapasitor keping sejajar Kapasitor keping sejajar | Diketahui besar kapasitas pelat kapasitor dan jarak pisahnya, siswa dapat menentukan luas pelat tersebut. Diketahui kapasitas kapasitor dan beda potensial baterai, siswa dapat menentukan besar energi yang tersimpan dalam kapasitor | Uraian Objektif Uraian Objektif | 11 12 |
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran : Fisika Alokasi Waktu :
Kelas/Semester : XII/1 Jumlah Soal : 2
Kurikulum acuan : KTSP Penulis :
No. Urut | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi | Indikator Soal | Bentuk Soal | No. Soal |
13 | 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi. | 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar. | Rangkaian kapasitor | Disajikan kapasitas 2 kapasitor yang disusun paralel dan beda potensial tertentu, siswa dapat menentukan : a. energi total yang tersimpan pada rengkaian b. energi total jika kedua kapasitor disusun seri | Uraian Objektif | 13 |
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 1 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Ada empat muatan A, B, C dan D. Jika A menolak B, A menarik C, C menolak D, dan D bermuatan positif. Tentukan jenis muatan – muatan lainnya! | |||
Materi : Gaya Elektrostatik | | ||
Indikator Soal : Diketahui jenis muatan salah satu dari 4 buah muatan serta gaya tarik atau tolak antara muatan-muatan tersebut, siswa dapat menentukan jenis muatan yang lainnya. |
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 2 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Dua buah muatan masing-masing 20µC dan 24µC terpisah pada jarak 12 cm. Hitunglah besar gaya yang bekerja pada kedua muatan. | |||
Materi : Gaya Elektrostatik | | ||
Indikator Soal : Diketahui besar 2 muatan yang terpisah pada jarak tertentu, siswa dapat menghitung besar gaya kedua muatan tersebut. |
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 3 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Hitunglah besarnya kuat medan listrik pada jarak 1 cm dari sebuah muatan positif sebesar 10ˉ⁶l | |||
Materi : Medan listrik | | ||
Indikator Soal : Diketahui jarak suatu titik terhadap sebuah muatan positif dan besar muatan tersebut, siswa dapat menentukan besar kuat medan listrik pada titik tersebut. | |||
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 4 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Dua buah titik bermuatan masing-masing +q₁ dan +q₂ berjarak 4m satu sama lain. Tentukan perbandingan q₁ dan q₂ agar kuat medan listrik pada jarak 1 meter dari q₁ sama dengan nol. | |||
Materi : Medan listrik | | ||
Indikator soal : Diketahui jenis dua muatan titik yang terpisah pada jarak tertentu, siswa dapat menentukan perbandingan kedua muatan tersebut agar kuat medan listrik pada jarak tertentu sama dengan nol. |
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 5 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Kulit bola berjari-jari 6 cm, mempunyai rapat muatan per satuan luas = 9nC cmˉ². Berapakah muatan total pada kulit bola tersebut? | |||
Materi : Medan listrik dan hukum Gauss | | ||
Indikator soal : Diketahui jari-jari kulit bola, rapat muatan persatuan luas, siswa dapat menentukan muatan total pada kulit bola tersebut. |
.
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 6 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Terdapat persegipanjang dengan panjang 30 cm dan lebar 20 cm. Bila kuat medan listrik homogen sebesar 200 N/C dan arahnya searah dengan bidang. Tentukan jumlah garis medan listrik yang menembus bidang persegipanjang tersebut. | |||
Materi : Medan listrik dan hukum Gauss | | ||
Indikator Soal : Disajikan panjang dan lebar bidang persegi panjang serta kuat medan listrik dan arah, siswa dapat menentukan jumlah garis medan listrik yang menembus bidang persegi panjang tersebut. | |||
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 7 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Sebuah bola kecil di beri muatan +4 x 10ˉ⁶ C. hitung : a. Potensial pada titik A yang berjarak 0,2 m dari mutan dan titik B yang berjarak 0,4 dari muatan b. Benda potensial antara A dan B c. Usaha yang diperlukan untuk memindahkan muatan +1,6 x 10ˉ¹⁹ C dari A ke B | |||
Materi : Medan listrik dan hukum Gauss | | ||
Indikator Soal : Diketahui besar muatan pada bola kecil, siswa dapat menghitung: a) potensial pada titik 1 yang berjarak tertentu dari muatan dan potensial pada titik 2 yang berjarak tertentu dari muatan tersebut. | |||
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 8 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Sebuah kapasitor dengan kapasitas 0,4μF dimuati oleh baterai 12 V. Tentukan muatan yang tersimpan dalam kapasitor. | |||
Materi : Kapasitor keping sejajar | | ||
Indikator soal : Disajikan besar kapasitas kapasitor dan beda potensial baterai, siswa dapat menentukan besar muatan yang tersimpan pada kapasitor. |
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 9 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Tuliskan 3 manfaat kapasitor. | |||
Materi : Kapasitor keping sejajar | | ||
Indikator soal : Siswa dapat menentukan 3 manfaat kapasitor. |
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 10 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Sebuah kapasitor keping sejajar memiliki keping berukuran 2 cm x 3 cm. keping –keping di pisahkan oleh selembar kertas denga tebal 1 mm dengan r = 3,7 . (a) tentukan kapasitas kapasitor tersebut. (b) tentukan besarnya muatan maksimum kapasitor itu bila diketahui kekutan dielektrik kertas sebesar 16x10⁶ Vm ˉ¹. | |||
Materi : Kapasitor keping sejajar | | ||
Indikator Soal : Disajikan panjang dan lebar kapasitor keping sejajar yang dipisahkan selembar kertas dengan ketebalan danεr tertentu, siswa dapat menentukan : a. Kapasitas kapasitor b. Besar muatan maksimum c. kapasitor jika kekuatan dielektrik kertas diketahui | |||
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 11 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Berapakah luas pelat pada kapasitor 1 F jika jarak pisahnya 1mm? | |||
Materi : Kapasitor keping sejajar | | ||
Indikator soal : Diketahui besar kapasitas pelat kapasitor dan jarak pisahnya, siswa dapat menentukan luas pelat tersebut. |
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 12 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Sebuah kapasitor 50µF dimuati oleh baterai 12 Volt. Berapakah banyaknya energi yang tersimpan dalam kapasitor. | |||
Materi : Kapasitor keping sejajar | | ||
Indikator soal : Diketahui kapasitas kapasitor dan beda potensial baterai, siswa dapat menentukan besar energi yang tersimpan dalam kapasitor. |
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*) Satuan Pendidikan : SMA Penyusun : ……………… Mata Pelajaran : Fisika Tahun Ajaran : ……………… Kelas/Semester : XII/2 | |||
Kompetensi Dasar: 2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar | Nomor Soal: | 13 | Buku sumber : Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga |
Rumusan Soal: Dua kapasitor C₁ = 2µF dan C₂ = 4µF yang di susun paralel, ujung – ujungnya di hubungkan dengan beda potensial 300 volt. (a) Berapakah energi total yang tersimpan di dalam rangkaian tersebut (b) Berapakah besarnya energy total bila kedua kapasitor di susun seri. | |||
Materi : Kapasitor keping sejajar | | ||
Indikator Soal : Disajikan kapasitas 2 kapasitor yang disusun paralel dan beda potensial tertentu, siswa dapat menentukan : a. energi total yang tersimpan pada rengkaian b. energi total jika kedua kapasitor disusun seri |
PEDOMAN PENSKORAN | ||
Nomor | Jawaban / Aspek Yang Dinilai | Skor |
1 2 | Diketahui : A menolak B ; A menarik C ; C menolak D ; D bermuatan + Ditanya : jenis muatan A,B dan C ? Jawab : C menolak D berarti C bermuatan (+) A menarik C berarti A bermuatan (-) A menolak B berarti B bermuatan (-) Diketahui : q₁ = 20µC = 20 x 10ˉ⁶ C q₂ = 24µC = 24 x 10ˉ⁶C r = 12 cm = 12 x 10ˉ² k = 9 x 10⁹Nm²Cˉ² Ditanya : F? Jawab : F = k = 9.10⁹ = 300N | 15 35 15 35 |
Skor maksimum | 100 | |
PEDOMAN PENSKORAN | ||
Nomor | Jawaban / Aspek Yang Dinilai | Skor |
3 4 | Diketahui : q(+) = 10ˉ⁶ r = 1 cm = 10ˉ² m Ditanya : E? Jawab : E = k E = 9.10⁹ E = 9 x 10⁷NCˉ¹ Diketahui : r₁₂ = 4 m Ditanya : q₁ : q₂ agar E=0 jika r₁=1m Jawab : Supaya E pada titik tersebut nol, maka E₁ - E₂ = 0 atau E₁ = E₂ r₁ = 1m, r₂ =3m k = k = q₁= q₂ | 15 35 15 35 |
Skor maksimum | 100 |
PEDOMAN PENSKORAN | ||
Nomor | Jawaban / Aspek Yang Dinilai | Skor |
5 6 | Diketahui : R= 6 cm = 6.10ˉcm σ = 9 nC cmˉ² = 9.10ˉ⁵C mˉ² A= 4π²r ; k = 9.10⁹ N m² Cˉ² Ditanya : a) q = total b) E di titik r = 2 x 10 m. Jawab : a) q= σ. A q = 9.10ˉ⁵.4. 3,14 .36 x 10ˉ⁴C q = 4.069,44 x 10ˉ⁹C – 4,1 x 10ˉ⁶C : b) E = k r< R E = 0 Diketahui : p = 30 cm = 0,3 m l = 20 cm = 0,2 m E = 200 N/C Ditanya : Φ ? Jawab : A = p x l = 0,3 x 0,2 = 6.10ˉ²m² Φ = E.A cos = 200.6.10ˉ² cos 90° = 0 | 15 20 20 15 30 |
Skor maksimum | 100 |
PEDOMAN PENSKORAN | ||
Nomor | Jawaban / Aspek Yang Dinilai | Skor |
7 | Diketahui : Bola q = + 4,00 x10ˉ⁶ C rA = 0,200 m, rB = 0,400 m Ditanya : a) Va dan Vb : b) ΔV AB ? c) W ab Dari muatan q = + 1,6 x10 ˉ¹⁹ C jawab : V = k q /r a) Va = ( 9.10⁹) (+ 4,00 X 10ˉ⁶) / 0,200 Va = 1,80. 10ˉ⁵ volt Vb = (9 x 10⁹) (+ 4,00 X 10ˉ⁶) / 0, 400 Vb = 0,90 X 10⁵ volt b) ΔVab = VB - Va = (0,90 x 10ˉ⁵ - 1,80 x 10⁵) volt ΔVab = -9 x 10⁴ volt c) W ab = -b(Ep b – Epa) = - q ( Vb – Va ) = - (1,6 x 10ˉ¹⁹) ( - 9 x10⁴) = + 1,44 x 10ˉ¹⁴ J | 10 5 5 30 25 25 |
Skor maksimum | 100 |
PEDOMAN PENSKORAN | ||
Nomor | Jawaban / Aspek Yang Dinilai | Skor |
8 9 | Diketahui : C = 0,4μF V = 12 V Ditanya : Q? Jawab : C = Q=C.V = 4.10ˉ⁷ F. 12 =4,8.10ˉ⁶ C Untuk menyimpan muatan dan energi listrik b. Sebagai filter dalam pensuplai daya c. Untuk menyekat arus listrik searah sehingga arus searah tidak dapat melewati kapasitor | 20 25 25 10 10 10 |
Skor maksimum | 100 |
PEDOMAN PENSKORAN | ||
Nomor | Jawaban / Aspek Yang Dinilai | Skor |
10 11 | Diketahui : A =2,0 cm x 3,0 cm = 6 cm² A = 6 x 10ˉ⁴ m² ; εг = 3,7 d =1 mm =1x 10 ˉ³ Ditanya : a) Cd ? b) q maks ? ; (Emaks) = 1,6. 10⁶ V/m jawab : a) Cd = A = 1,96 x 10ˉ¹¹ F b) q maks = Cd. Vmaks = Cd (Emaks.d) = (1.96.10ˉ¹¹)(16.10⁶)(1.10ˉ³) = 3,14.10ˉ⁷ C Diketahui : C = 1F d= 1mm Ditanya : A? Jawab : C= A A = A= = 1,1. 10⁸ m² | 15 20 25 15 25 |
Skor maksimum | 100 | |
PEDOMAN PENSKORAN | ||
Nomor | Jawaban / Aspek Yang Dinilai | Skor |
12 13 | Diketahui : C =50µF = 5X10 ˉ⁵F V = 12 volt Ditanya : W? Jawab : W = ½ CV² : W = ½ ( 5 x 10ˉ⁵ ).( 12 )² : 360 x 10ˉ⁵ J = 3,60 x 10ˉ³J Diketahui : C₁= 2µF; C₂= 4 µF V = 300 Volt Ditanya : a. Ep disusun paralel? b. Ep disusun seri? Jawab : a) Cp = C₁ + C₂ Cp = (2+4)µF = 6.10ˉ⁶ F Ep =½CpV² = ½(6.10ˉ⁶) (300)² Ep = 27.10ˉ² J b) 1/Cs = 1/C₁ + 1/C₂ 1/Cs = (½ +¼) 1/Cs = 4/3 .10 ˉ⁶ F Es = 6x10ˉ² joule | 15 25 15 25 20 |
Skor maksimum | 100 |