Cari Blog Ini

Jumat, 21 Januari 2011

KISI-KISI PENULISAN SOAL


KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah : ………………………….

Mata Pelajaran            : Fisika                                                                                                                                                 Alokasi Waktu            : ………………….
Kelas / Semester          : XII / 1                                                                                                                                               Jumlah Soal                 : ………………….
Kurikulum Acuan       : KTSP                                                                                                                                                            Penulis                         : ………………….

No
Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Bentuk Soal
No Soal
1.

Mendeskripsikan Gejala dan cirri-ciri gelombang secara umum




Gelombang
Berjalan


Getaran harmonik


Gelombang

Siswa dapat menentukan panjang gelombang, Amplitudo, frekuensi dan cepat rambat gelombang

Siswa dapat menghitung frekuensi dan konstanta pegas

Siswa mampu menggambar beberapa gelombang yang terbentuk dari suatu kejadian dan siswa dapat menghitung panjang gelombang dan cepat rambat gelombang


Essay berstruktur



KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran     : Fisika                                                                 Alokasi Waktu     :
Kelas/Semester     : XII/1                                                                   Jumlah Soal                   : 2
Kurikulum acuan : KTSP                                                                 Penulis                 :

No. Urut

Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal
1








2

2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.




2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.




2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.
Gaya Elektrostatik








Gaya Elektrostatik



Diketahui jenis muatan salah satu dari 4 buah muatan serta gaya tarik atau tolak antara muatan-muatan tersebut, siswa dapat menentukan jenis muatan yang lain.


Diketahui besar 2 muatan yang terpisah pada jarak tertentu, siswa dapat menghitung besar gaya kedua muatan tersebut.







Uraian
Objektif







Uraian Objektif
1








2
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran     : Fisika                                                                 Alokasi Waktu     :
Kelas/Semester     : XII/1                                                                   Jumlah Soal                   : 2
Kurikulum acuan : KTSP                                                                 Penulis                 :

No. Urut

Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal
3








4

2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.




2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.




2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.
Medan Listrik








Medan Listrik


Diketahui jarak suatu titik terhadap sebuah muatan positif dan besar muatan tersebut, siswa dapat menentukan besar kuat medan listrik pada titik tersebut.


Diketahui jenis  dua muatan titik yang terpisah pada jarak tertentu, siswa dapat menentukan perbandingan kedua muatan tersebut agar kuat medan listrik pada jarak tertentu sama dengan nol.




Uraian
Objektif







Uraian Objektif
3








4

KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran     : Fisika                                                                 Alokasi Waktu     :
Kelas/Semester     : XII/1                                                                   Jumlah Soal                   : 2
Kurikulum acuan : KTSP                                                                 Penulis                 :

No. Urut

Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal
5








6

2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.




2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.




2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.
Medan listrik dan hukum Gauss







Medan listrik dan hukum Gauss


Diketahui jari-jari kulit bola, rapat muatan persatuan luas, siswa dapat menentukan muatan total pada kulit bola tersebut.




Disajikan panjang dan lebar bidang persegi panjang serta kuat medan listrik dan arah, siswa dapat menentukan jumlah garis medan listrik yang menembus bidang persegi panjang tersebut.



Uraian
Objektif







Uraian Objektif
5








6
KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran     : Fisika                                                                 Alokasi Waktu     :
Kelas/Semester     : XII/1                                                                   Jumlah Soal                   : 2
Kurikulum acuan : KTSP                                                                 Penulis                 :

No. Urut

Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal
7









8

2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.





2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.





2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.
Potensial dan Energi potensial Listrik







Potensial dan energi potensial listrik


Diketahui besar muatan pada bola kecil, siswa dapat menghitung: a) potensial pada titik 1 yang berjarak tertentu dari muatan dan potensial pada titik 2 yang berjarak tertentu dari muatan tersebut.

Disajikan besar kapasitas kapasitor dan beda potensial baterai, siswa dapat menentukan besar muatan yang tersimpan pada kapasitor.



Uraian
Objektif








Uraian Objektif
7









8


KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran     : Fisika                                                                 Alokasi Waktu     :
Kelas/Semester     : XII/1                                                                   Jumlah Soal                   : 2
Kurikulum acuan : KTSP                                                                 Penulis                 :

No. Urut

Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal
9








10

2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.




2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.




2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.
Kapasitor keping sejajar







Kapasitor keping sejajar


Siswa dapat menentukan 3 manfaat kapasitor.







Diketahui kapasitas sebuah kapasitor dan beda potensial kapasitor, siswa dapat menentukan besar muatan yang tersimpan dalam kapasitor.


Uraian
Objektif







Uraian Objektif
9








10


KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran     : Fisika                                                                 Alokasi Waktu     :
Kelas/Semester     : XII/1                                                                   Jumlah Soal                   : 2
Kurikulum acuan : KTSP                                                                 Penulis                 :

No. Urut

Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal
11










12

2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.






2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.






2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.
Kapasitor keping sejajar









Kapasitor keping sejajar


Diketahui besar kapasitas pelat kapasitor dan jarak pisahnya, siswa dapat menentukan luas pelat tersebut.






Diketahui kapasitas kapasitor dan beda potensial baterai, siswa dapat menentukan besar energi yang tersimpan dalam kapasitor
Uraian
Objektif











Uraian Objektif
11












12




KISI-KISI PENULISAN SOAL
Nama Sekolah …………………………
Mata Pelajaran     : Fisika                                                                 Alokasi Waktu     :
Kelas/Semester     : XII/1                                                                   Jumlah Soal                   : 2
Kurikulum acuan : KTSP                                                                 Penulis                 :

No. Urut

Standar Kompetensi


Kompetensi Dasar

Materi

Indikator Soal

Bentuk Soal

No. Soal
13










2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.





2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar.





Rangkaian kapasitor







Disajikan kapasitas 2 kapasitor yang disusun paralel dan beda potensial tertentu, siswa dapat menentukan :
a.       energi total yang tersimpan pada rengkaian
b.      energi total jika kedua kapasitor disusun seri


Uraian
Objektif








13













KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
1
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Ada empat muatan A, B, C dan D. Jika A menolak B, A menarik C, C menolak D, dan D bermuatan positif. Tentukan jenis muatan – muatan lainnya!
Materi :
Gaya Elektrostatik

Indikator Soal :
Diketahui jenis muatan salah satu dari 4 buah muatan serta gaya tarik atau tolak antara muatan-muatan tersebut, siswa dapat menentukan jenis muatan yang lainnya.


KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
2
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Dua buah muatan masing-masing 20µC dan 24µC terpisah pada jarak 12 cm. Hitunglah besar gaya yang bekerja pada kedua muatan.

Materi :
Gaya Elektrostatik

Indikator Soal :
Diketahui besar 2 muatan yang terpisah pada jarak tertentu, siswa dapat menghitung besar gaya kedua muatan tersebut.



KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
3
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Hitunglah besarnya kuat medan listrik pada jarak 1 cm dari sebuah muatan positif sebesar 10ˉl
Materi :
Medan listrik

Indikator Soal :
Diketahui jarak suatu titik terhadap sebuah muatan positif dan besar muatan tersebut, siswa dapat menentukan besar kuat medan listrik pada titik tersebut.

KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
4
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Dua buah titik bermuatan masing-masing +q dan +q berjarak 4m satu sama lain. Tentukan perbandingan q dan q agar kuat medan listrik pada jarak 1 meter dari q sama dengan nol.
Materi :
Medan listrik



Indikator soal :
Diketahui jenis  dua muatan titik yang terpisah pada jarak tertentu, siswa dapat menentukan perbandingan kedua muatan tersebut agar kuat medan listrik pada jarak tertentu sama dengan nol.




KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
5
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Kulit bola berjari-jari 6 cm, mempunyai rapat muatan per satuan luas = 9nC cmˉ². Berapakah muatan total pada kulit bola tersebut?

Materi :
Medan listrik dan hukum Gauss



Indikator soal :
Diketahui jari-jari kulit bola, rapat muatan persatuan luas, siswa dapat menentukan muatan total pada kulit bola tersebut.


.

KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
6
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Terdapat persegipanjang dengan panjang 30 cm dan lebar 20 cm. Bila kuat medan listrik homogen sebesar 200 N/C dan arahnya searah dengan bidang. Tentukan jumlah garis medan listrik yang menembus bidang persegipanjang tersebut.

Materi :
Medan listrik dan hukum Gauss



Indikator Soal :
Disajikan panjang dan lebar bidang persegi panjang serta kuat medan listrik dan arah, siswa dapat menentukan jumlah garis medan listrik yang menembus bidang persegi panjang tersebut.



KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
7
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Sebuah bola kecil di beri muatan +4 x 10ˉ C. hitung :
a.       Potensial pada titik A yang berjarak 0,2 m dari mutan dan titik B yang berjarak 0,4 dari muatan
b.      Benda potensial antara A dan B
c.       Usaha yang diperlukan untuk memindahkan muatan +1,6 x 10ˉ¹ C dari A ke B

Materi :
Medan listrik dan hukum Gauss



Indikator Soal :
Diketahui besar muatan pada bola kecil, siswa dapat menghitung: a) potensial pada titik 1 yang berjarak tertentu dari muatan dan potensial pada titik 2 yang berjarak tertentu dari muatan tersebut.
KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
8
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Sebuah kapasitor dengan kapasitas 0,4μF dimuati oleh baterai 12 V. Tentukan muatan yang tersimpan dalam kapasitor.

Materi :
Kapasitor keping sejajar



Indikator soal :
Disajikan besar kapasitas kapasitor dan beda potensial baterai, siswa dapat menentukan besar muatan yang tersimpan pada kapasitor.




KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
9
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Tuliskan 3 manfaat kapasitor.

Materi :
Kapasitor keping sejajar



Indikator soal :
Siswa dapat menentukan 3 manfaat kapasitor.





KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
10
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
 Sebuah kapasitor keping sejajar memiliki keping berukuran 2 cm x 3 cm. keping –keping di pisahkan oleh selembar kertas denga tebal 1 mm dengan r = 3,7 . (a) tentukan kapasitas kapasitor  tersebut. (b) tentukan besarnya muatan maksimum kapasitor itu bila diketahui kekutan dielektrik kertas sebesar 16x10 Vm ˉ¹.

Materi :
Kapasitor keping sejajar



Indikator Soal : Disajikan panjang dan lebar kapasitor keping sejajar yang dipisahkan selembar kertas dengan ketebalan danεr tertentu, siswa dapat menentukan :
a.       Kapasitas kapasitor
b.      Besar muatan maksimum
c.       kapasitor jika kekuatan dielektrik kertas diketahui

KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
11
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Berapakah luas pelat pada kapasitor 1 F jika jarak pisahnya 1mm?

Materi :
Kapasitor keping sejajar



Indikator soal :
Diketahui besar kapasitas pelat kapasitor dan jarak pisahnya, siswa dapat menentukan luas pelat tersebut.




KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
12
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Sebuah kapasitor 50µF dimuati oleh baterai 12 Volt. Berapakah banyaknya energi yang tersimpan dalam kapasitor.




Materi :
Kapasitor keping sejajar



Indikator soal :
Diketahui kapasitas kapasitor dan beda potensial baterai, siswa dapat menentukan besar energi yang tersimpan dalam kapasitor.


KARTU SOAL URAIAN/PRAKTIK*)
Satuan Pendidikan    : SMA                                                                                                                      Penyusun           : ………………
Mata Pelajaran          : Fisika                                                                                                                     Tahun Ajaran    : ………………
Kelas/Semester         : XII/2
Kompetensi Dasar:
2.1. Memformulasikan gaya listrik, kuat medan listrik, fluks, potensial listrik serta penerapannya pada keping sejajar
Nomor Soal:
13
Buku sumber :
Buku Fisika kelas XII SMA Marthen KanginanPenerbit Erlangga
Rumusan Soal:
Dua kapasitor C = 2µF dan C = 4µF yang di susun paralel, ujung – ujungnya di hubungkan dengan beda potensial 300 volt. (a) Berapakah energi total yang tersimpan di dalam rangkaian tersebut (b) Berapakah besarnya energy total  bila kedua kapasitor di susun seri.

Materi :
Kapasitor keping sejajar



Indikator Soal :
Disajikan kapasitas 2 kapasitor yang disusun paralel dan beda potensial tertentu, siswa dapat menentukan :
a.       energi total yang tersimpan pada rengkaian
b.      energi total jika kedua kapasitor disusun seri


PEDOMAN PENSKORAN
Nomor
Jawaban / Aspek Yang Dinilai
Skor
1




2



Diketahui         : A menolak B ; A menarik C ; C menolak D ; D            bermuatan +
Ditanya            : jenis muatan A,B dan C ?
Jawab              : C menolak D berarti C bermuatan (+)
                          A menarik C berarti A bermuatan (-)
                          A menolak B berarti B bermuatan (-)

Diketahui :       q = 20µC = 20 x 10ˉ C
                        q = 24µC = 24 x 10ˉC
                                    r = 12 cm = 12 x 10ˉ²
                         k = 9 x 10Nm²Cˉ²                 
Ditanya : F?    
Jawab  :
                      F = k   = 9.10 = 300N


15

35



15




35
Skor maksimum
100
PEDOMAN PENSKORAN
Nomor
Jawaban / Aspek Yang Dinilai
Skor
3





4



Diketahui : q(+) = 10ˉ
                        r = 1 cm = 10ˉ² m
Ditanya : E?
Jawab    : E = k  
                E = 9.10
                E = 9 x 10NCˉ¹
Diketahui : r₁₂ = 4 m
Ditanya    : q : q agar E=0 jika r=1m
Jawab      : Supaya E pada titik tersebut nol, maka E - E = 0 atau E = E
                  r = 1m, r =3m                                  
                 k = k
                      =    q=  q

15


35


15




35
Skor maksimum
100

PEDOMAN PENSKORAN
Nomor
Jawaban / Aspek Yang Dinilai
Skor
5




6




Diketahui        : R= 6 cm = 6.10ˉcm
                                    σ = 9 nC cmˉ² = 9.10ˉC mˉ²
                                    A= 4π²r ;     k = 9.10 N m² Cˉ²
Ditanya                       : a) q   = total                b) E di titik r = 2 x 10 m.
 Jawab             :  a)   q= σ. A
                                             q = 9.10ˉ.4. 3,14 .36 x 10ˉC  
                                             q = 4.069,44 x 10ˉC – 4,1 x 10ˉC
                        :   b) E =    k        r< R
                                                                   E =     0
Diketahui        : p = 30 cm = 0,3 m
                           l = 20 cm = 0,2 m
                          E = 200 N/C
Ditanya           : Φ ?
Jawab              : A = p x l = 0,3 x 0,2 = 6.10ˉ²m²
                                      Φ =  E.A cos = 200.6.10ˉ² cos 90° = 0

15

20

20

15
30
Skor maksimum
100





PEDOMAN PENSKORAN
Nomor
Jawaban / Aspek Yang Dinilai
Skor
7









Diketahui         :   Bola q = + 4,00 x10ˉ   C                                        
                     rA  = 0,200 m, rB = 0,400 m
Ditanya            : a)  Va                dan         Vb
            : b) ΔV AB ?  c) W ab Dari muatan q = + 1,6 x10 ˉ¹⁹  C         
jawab               : V   = k q /r               
a)      Va = ( 9.10)  (+ 4,00  X 10ˉ) / 0,200    
Va = 1,80. 10ˉ volt                                 
                                           Vb = (9 x 10) (+ 4,00 X 10ˉ)  /  0, 400
                                         Vb  = 0,90 X 10 volt
b)      ΔVab = VB  -  Va            
          = (0,90 x 10ˉ - 1,80 x 10) volt                                                  ΔVab = -9 x 10 volt  
c)      W ab = -b(Ep b – Epa)
                                                   = - q ( Vb – Va )
                                                   = - (1,6 x 10ˉ¹) ( - 9 x10)   
                                                   = + 1,44 x 10ˉ¹ J

10

5

5
30



25


25
Skor maksimum
100

PEDOMAN PENSKORAN
Nomor
Jawaban / Aspek Yang Dinilai
Skor
8





9




Diketahui    :   C = 0,4μF                                        
                              V = 12 V                                         
      Ditanya       : Q?      
       Jawab          :  C =       Q=C.V
                                                   = 4.10ˉ F. 12 =4,8.10ˉ C

Untuk menyimpan muatan dan energi listrik
b. Sebagai filter dalam pensuplai daya
c. Untuk menyekat arus listrik searah sehingga arus searah tidak dapat melewati kapasitor

20

25

25

10
10
10
Skor maksimum
100




PEDOMAN PENSKORAN
Nomor
Jawaban / Aspek Yang Dinilai
Skor
10








11




Diketahui          : A =2,0 cm x 3,0 cm = 6 cm²
A = 6 x 10ˉ⁴ m² ; εг = 3,7
d =1 mm =1x 10 ˉ³
Ditanya : a) Cd ? b) q maks ? ;  (Emaks) = 1,6. 10 V/m
jawab : a) Cd = A  = 1,96 x 10ˉ¹¹ F
b) q maks = Cd. Vmaks = Cd (Emaks.d)
                 = (1.96.10ˉ¹¹)(16.10)(1.10ˉ³)
                 = 3,14.10ˉ C

                                Diketahui             : C = 1F
                                  d= 1mm
                                       Ditanya         : A?
Jawab    : C= A            A =
                A=   = 1,1. 10⁸ m²

15



20
25



15


25
Skor maksimum
100
PEDOMAN PENSKORAN
Nomor
Jawaban / Aspek Yang Dinilai
Skor
12





13




Diketahui    : C =50µF = 5X10 ˉ⁵F
V = 12 volt
      Ditanya       : W?
      Jawab         : W = ½ CV²
                          : W = ½ ( 5 x 10ˉ ).( 12 )²
                          : 360 x 10ˉ J   =  3,60 x 10ˉ³J
Diketahui : C= 2µF; C= 4 µF
V = 300 Volt
Ditanya : a. Ep disusun paralel? b. Ep disusun seri?
Jawab : a) Cp = C + C       Cp = (2+4)µF = 6.10ˉ⁶ F
Ep =½CpV² = ½(6.10ˉ⁶) (300)²
Ep = 27.10ˉ² J
b) 1/Cs = 1/C₁ + 1/C₂
1/Cs = (½ +¼)  1/Cs = 4/3 .10 ˉ F
Es = 6x10ˉ² joule
15


25


15


25


20
Skor maksimum
100